Toon Boom Alternatif Media 2 Dimensi Sebagai Media Pembelajaran
Saiful Munzani/1102415088
saifulmunzani@gmail.com
Pendidikan
merupakan pilar terpenting dalam pembangunan untuk memajukan bangsa dan negara.
Menurut Trianto (2010:1) pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa
mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik,
sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan masalah yang
dihadapi. Dari makna di atas dapat dijabarkan bahwa pendidikan merupakan faktor
yang sangat penting dalam pembangunan di masa mendatang, nasib bangsa dan
negara di masa mendatang ada di tangan peserta didik yang merupakan tunas-tunas
bangsa sekaligus generasi selanjutnya yang akan meneruskan perjuangan membangun
bangsa dan negara. Menurut Sudjana (1987:28) belajar adalah suatu proses yang
ditandai dengan adanya perubahahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil
proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti berubah pengetahuannya,
pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilannya, kecakapan dan kemampuannya,
daya reaksinya.
Media
berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang
secara harfiah berarti perantara atau pengantar (Arief,1984:6 ). Ada 4 jenis
media yang ada apabila dijelaskan sebagai berikut : Media Audio, Media visual,
Media audio visual, Multimedia (Yudhi, 2012:55). Pengertian dari media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan
dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif
dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien.
Media
pembelajaran merupakan alat yang digunkan untuk membantu mentransfer informasi
kepada peserta didik agar tidak terjadi salah penafsiran. Dengan mengunakan
media pembelajaran dalam proses pembelajaran akan mendapatkan keistimewaan
dalam proses pembelajaran. Menurut Gerlac (1971:285) ditegaskan bahwa ada tiga
keistemewaan yang dimiliki media pembelajaran yaitu:
(1) media memiliki kemampuan untuk menangkap, menyimpan, dan
menampilkan kembali suatu objek atau kejadian;
(2) media memiliki kemampuan untuk menampilkan kembali objek
atau kejadian dengan berbagai macam cara disesuaikan dengan keperluan;
(3) media
mempunyai kemampuan utuk menampilkan sesuatu objek atau kejadian yang
mengandung makna. Media pembelajaran dua dimesi merupakan media pembelajaran
yang menggunakan bidang dua dimensi, dimana media ini digunakan untuk
menyampaikan informasi dengan cara menggunakan layar yang mempunyai ukuran
panjang kali lebar, dimana media ini mempunyai kelebihan dalam penyajianya
karena media ini bisa membawa objek pembelajaran hadir di tengah-tengah peserta
didik, sehingga peserta didik tidak perlu membayangkan atau membawa benda kerja
yang akan dijelaskan oleh pengajar.
Sejalan dengan hal tersebut,
salah satu aplikasi yang dapat diterapkan dalam pembuatan animasi yaitu dengan
aplikasi Toon Boom. Toon Boom merupakan program yang sangat praktis dalam
proses pembuatan animasi 2D. Toon Boom Animation Inc. adalah perusahaan
perangkat lunak Kanada yang mengkhususkan diri pada produksi animasi dan
storyboardnya. Storyboard merupakan serangkaian sketsa dibuat berbentuk persegi
panjang yang menggambarkan suatu urutan (alur cerita) elemen-elemen yang
diusulkan untuk aplikasi multimedia (animasi, film, game, dll). Storyboard
menggabungkan alat bantu narasi (scenario) dan visual pada selembar kertas.
Toon boom memiliki berbagai fitur
yang mempermudah animator dalam pembuatan animasi. Dengan toon boom, dapat
langsung menggambar sendiri karakter atau objek yang diinginkan, atau dapat
pula meng-import gambar yang sudah dibuat secara manual lalu di tracing atau
dijiplak langsung melalui aplikasi toon boom, tanpa khawatir adanya garis yang
pecah atau garis yang tidak sesuai yang kita inginkan, karena toon boom juga
menyediakan fitur untuk mengatur ketebalan garis serta kehalusan garis. Selain
itu, hasil garis dari aplikasi toon boom seperti garis vector, dan juga apabila
di export ke dalam bentuk JPEG juga tidak mengurangi resolusi atau ketajaman
gambar.
Selain
itu, toon boom juga menyediakan fitur untuk meng-animate secara langsung, atau
menggerakkan gambar secara langsung. pada dasarnya, animasi terdiri atas gambar
kunci (key) serta gambar antara (in-between). Dalam toon boom, dapat melihat
gambar setelahnya serta gambar sebelumnya, dan juga dapat langsung di putar
atau dimainkan secara langsung, sehingga dapat langsung diketahui, halus atau
tidaknya pergerakan dalam gambar animasi tersebut.
Program
ini memiliki palet warna yang kaya, selain itu juga Toon boom menyediakan
berbagai fitur lainnya, seperti efek hujan, salju, es, kabut, awan, serta api.
Aplikasi
ini juga menyediakan fitur Lip-sync. Yang mana dalam penggunaannya pun juga
sangat praktis. Hanya dengan menyediakan sound yang akan di import, serta
gambar objek gerak mulut berbentuk A, I, U, E, O dan gambar gerak mulut dalam
keadaan diam.
Dengan segala fitur yang
mempermudah dalam pengerjaan animasi, toon boom juga memiliki berbagai
kekurangan, seperti dalam pewarnaan secara langsung. dalam tahapan pewarnaan,
toon boom tidak dapat melakukan gradasi seperti pada photoshop. Lalu, pada tool
brush yang pemilihannya adalah meggunakan tool pencil, walaupun antara garis
satu dengan lainnya sudah membentuk sebuah objek, ketika saat dilakukan
pewarnaan tidak langsung dapat diberikan warna.
Selain
itu, toon boom hanya bergerak dalam bidang animasi 2D, sehingga sangat tidak
memungkinkan apabila pengerjaan animasi 3D menggunakan aplikasi ini.
Daftar
Pustaka
Ely, Gerlac. 1971. Teaching and Media Systematic Approach.
New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru.
Jakarta: gaung Persada Press.
Sadiman, Arief, dkk. 1990. Media Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.
Jakarta: Prestasi Pustakaraya











No comments:
Post a Comment